KEBIJAKAN PRIVASI
InvestASIK adalah layanan yang ditawarkan oleh PT BRI Manajemen Investasi ("BRI-MI") yang memungkinkan pengguna untuk melakukan investasi Reksa Dana yang dikelola oleh BRI-MI secara online. BRI-MI sangat menghargai privasi dari data dan informasi Nasabah, untuk itu BRI-MI sangat berhati-hati dalam menjaga data dan informasi dari Nasabah.
Meskipun data yang dikumpulkan oleh BRI-MI adalah data yang diwajibkan oleh pihak regulator, BRI-MI merasa wajib untuk memberitahukan kepada pengguna secara transparan bagaimana data tersebut dikelola oleh BRI-MI, oleh karenanya kebijakan ini dibuat. Kebijakan Privasi ini tidak dapat dipisahkan dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Fasilitas Reksa Dana Online
Data dan Informasi Nasabah yang diterima oleh BRI-MI:
Nasabah yang melakukan pembukaan rekening secara online dan menggunakan fasilitas reksa dana online diminta untuk mengisi data pribadi pada formulir pembukaan rekening tersebut, antara lain: nama, nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, Telepon, Email dll, serta menyampaikan dokumen berupa: Dokumen Identitas yaitu KTP (untuk Warga Negara Indonesia) atau Passport (untuk Warga Negara Asing) , NPWP (bila ada), Cover Buku Tabungan, dan Foto Diri (berwarna) dengan memegang Dokumen Identitas, serta dokumen lainnya yang diperlukan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau Instansi Yang Berwenang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
Informasi Lainnya Yang Diperoleh Saat Nasabah Menggunakan InvestASIK
Saat Nasabah menggunakan InvestASIK, BRI-MI dapat menerima informasi-informasi lain seperti internet service provider, sistem operasi komputer, dan browser yang digunakan oleh Nasabah, serta tanggal, jam, dan lama waktu Nasabah dalam mengunjungi website BRI-MI. Informasi ini dapat digunakan oleh BRI-MI dalam rangka pengembangan konten dan navigasi website maupun fasilitas transaksi online BRI-MI
Upaya-upaya yang dilakukan BRI-MI:
BRI-MI akan menjaga dan memelihara data pribadi serta informasi transaksi Nasabah dalam pelaksanaan transaksi secara online melalu InvestASIK ini, untuk itu upaya-upaya yang dilakukan adalah:
- Penggunaan User ID dan Password:
Pihak yang dapat mengakses dan menggunakan layanan transaksi online hanya Nasabah yang telah mempunyai rekening pada BRI-MI. Nasabah dapat menggunakan layanan transaksi online dengan menggunakan User ID dan password yang disediakan khusus untuk setiap Nasabah. - Verifikasi sTOKEN:
Untuk transaksi penjualan kembali, BRI-MI akan melakukan verifikasi transaksi dengan mengirimkan sTOKEN melalui SMS ke nomor handphone Nasabah yang terdaftar di BRI-MI.
Cara BRI-MI Melindungi Informasi dan Data Nasabah
Sebagai suatu institusi yang mengerti pentingnya informasi dan data Nasabah, BRI-MI tidak akan membuka informasi dan data Nasabah baik kepada pihak terafiliasi dari BRI-MI maupun kepada kepada pihak lain manapun kecuali:
- Dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari Nasabah atau mendapatkan instruksi tertulis dari Nasabah
- Dalam hal terdapat permintaan dari otoritas termasuk namun tidak terbatas pada Kejaksaan, Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Otoritas Jasa Keuangan, Otoritas Pajak, maupun apabila terdapat putusan pengadilan yang memerintahkan BRI-MI untuk membuka informasi dan data Nasabah yang dimiliki oleh BRI-MI
- Dalam hal terdapat regulasi yang diterbitkan yang mewajibkan BRI-MI untuk membuka informasi dan data Nasabah kepada suatu pihak tertentu maupun kepada publik.
Pembatasan Tanggung Jawab BRI-MI Atas Penggunaan Informasi dan Data Nasabah
BRI-MI tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi dan data Nasabah baik oleh Nasabah sendiri atau oleh pihak lainnya yang digunakan maupun disalahgunakan untuk mengakses fasilitas transaksi online dengan menggunakan User ID dari Nasabah. Oleh karena itu Nasabah juga wajib menjaga infomasi dan data Nasabah agar tidak dapat dimiliki atau digunakan oleh pihak lain
Informasi Penting Lainnya
Terlepas dari langkah-langkah pencegahan dan perlindungan yang ditempuh oleh BRI-MI dalam melindungi informasi dan data Nasabah dan juga transaksi online Nasabah, BRI-MI tidak dapat menjamin keamanan jaringan internet dalam rangka pelaksanaan transaksi online. Selain itu website BRI-MI juga dapat menyediakan akses kepada situs-situs lain yang dimiliki rekan usaha BRI-MI yang mungkin bermanfaat bagi Nasabah, tetapi BRI-MI tidak bertanggung jawab terhadap isi dari situs-situs rekanan BRI-MI tersebut beserta kebijakan privasi dari situs-situs rekanan BRI-MI tersebut.
BRI-MI Mobile Apps
Mobile apps BRI-MI memungkinkan Nasabah untuk mengakses rekening Nasabah, maupun melakukan transaksi Reksa Dana melalui mobile phone Nasabah. Kebijakan Privasi ini juga berlaku untuk layanan mobile apps BRI-MI
Perubahan Privacy Policy
BRI-MI dapat melakukan perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini tanpa terlebih dahulu menyampaikan pemberitahuan kepada Nasabah. Perubahan Kebijakan Privasi ini dapat dilakukan secara periodik maupun dari waktu ke waktu secara acak.