Artikel
Pentingnya Membuat Rencana Keuangan di Awal Tahun
Berita Utama | 04-Mar-2022 17:29:34 - by boadmincontent

Setiap awal tahun tentu ingin memulai sesuatu yang baru. Ingin lebih baik ditahun-tahun berikutnya dengan berbagai resolusi yang dicita-citakan. Begitu pula, kondisi keuangan yang lebih baik jadi salah satu impian ditahun ini.

Semua bisa diawali dengan membuat perencanaan keuangan yang bertujuan untuk menstabilkan finansial kedepan nanti. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuat rencana keuangan:

1. Total keseluruhan penghasilan

Dalam rencana keuangan yang akan dibuat, penghasilan jadi faktor penting yang perlu diperhatikan agar bisa membuat rencana keuangan yang sesuai dengan pendapatan dan dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan.

2. Alokasi sesuai pos-pos keuangan

Perencanaan keuangan akan terus berjalan sehingga menjadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari. Maka dari itu, penting menentukan pos-pos keuangan seperti kebutuhan pokok, keinginan, kebaikan, hingga tabungan dan investasi masa depan. Semua perlu dialokasikan sesuai dengan pembagian disesuaikan pada kebutuhan dan tujuan masing-masing.

3. Hutang dan cicilan

Perhatikan pada kondisi keuangan saat ini, apakah ada hutang maupun cicilan? Jika ada, baiknya segera dilunasi dengan dimasukkan dialokasi hutang dan cicilan per bulannya, agar perencanaan keuangan segera kembali sehat dan bisa lebih fokus membangun kondisi finansial #JadiLebihBaik dimasa depan.

Membuat rencana keuangan merupakan hal yang dapat membantu finansial lebih stabil dalam mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan jika dijalani dengan konsisten.

Walaupun tahun sebelumnya belum bisa mewujudkan impian kondisi keuangan yang lebih baik, tahun ini saat yang tepat untuk tingkatkan lagi semangat dan mencapainya ya!