Artikel
Reksa Dana Pasar Uang : Investasi Pilihan untuk Berbagai Kebutuhan
Berita Utama | 18-Jul-2023 17:09:12 - by boadmincontent

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang, seperti deposito, sertifikat deposito, surat utang negara, dan surat berharga komersial. 

Bagi yang melakukan investasi reksa dana pasar uang, akan digolongkan sebagai para investor dengan profil risiko konservatif. Inilah mengapa reksa dana pasar uang sering dikaitkan dengan investor pemula. Investor yang baru mempelajari investasi tentunya belum terekspos dengan berbagai risiko di reksa dana. Nah, reksa dana pasar uang bisa jadi alternatif jika menginginkan produk investasi yang memiliki risiko rendah dengan imbal hasil optimal.

Namun, reksa dana pasar uang tidak hanya untuk investor pemula. Investor yang memiliki profil risiko lain sangat mungkin untuk berinvestasi di reksa dana pasar uang ketika investor menginginkan tingkat likuiditas yang tinggi.

Reksa dana pasar uang memiliki imbal hasil investasi yang cenderung lebih rendah daripada produk reksa dana lain seperti reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham. Investor harus mengingat prinsip high risk high return, yaitu semakin tinggi hasil investasinya semakin tinggi juga resiko yang ada.

Meski begitu, reksa dana pasar uang sangat fleksibel untuk pemenuhan berbagai kebutuhan keuangan dalam jangka pendek - menengah seperti pemenuhan dana darurat dan liburan.

Keunggulan reksa dana Pasar Uang 

Kalau dilihat dari instrumen investasi, setidaknya berikut merupakan keunggulan khusus untuk para investor reksa dana pasar uang yaitu: 

  1. Tingkat Risiko cenderung Rendah: Reksa dana pasar uang cenderung berinvestasi pada instrumen pasar uang dengan risiko yang lebih rendah, seperti deposito, surat berharga komersial, dan obligasi jangka pendek.

  2. Stabilitas Nilai Investasi: Investasi dalam reksa dana pasar uang cenderung memberikan pertumbuhan modal yang stabil dan konsisten tanpa fluktuasi yang signifikan.

  3. Likuiditas Tinggi : Kelebihan terpenting dari Investasi reksa dana pasar uang adalah Dana investasi anda bisa diambil kapan saja sehingga cocok untuk keperluan mendesak.

Jadi bagi investor pemula walaupun tidak, reksa dana pasar uang wajib menjadi instrumen yang dimiliki dengan segala keunggulannya. Demikian informasi penting yang wajib anda tahu sebelum memilih untuk investasi reksa dana pasar uang. Semoga bermanfaat.