Artikel
Pertama kali gajian? Ini cara kelola yang benar!
Berita Utama | 27-Feb-2024 09:59:47 - by boadmincontent

Salah satu momen yang tidak terlupakan dalam kehidupan seseorang yang baru pertama kali bekerja adalah momen gajian pertama. Biasanya orang akan langsung memikirkan hal-hal apa saja yang bisa didapat dengan gaji pertama ini. Namun yang perlu diketahui, mindset tentang cara mengelola gaji pertama ini bisa menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam pengelolaan ke depannya loh. 

Biar tidak salah langkah, yuk ikuti tips sederhana berikut : 

Tentukan keinginan dan kebutuhan 

Buatlah skala prioritas dari yang penting, utama, dan harus dilakukan sampai dengan wishlist  barang-barang konsumtif. Dengan begitu, alokasi gaji akan lebih efektif dalam mengakomodasi seluruh kebutuhan kita. 

Buat Anggaran Keuangan 

Tentukan alokasi porsi pengeluaran setiap bulan. Sobat BRInvestasi bisa menggunakan rumus 40-30-20-10. Yaitu 40% kebutuhan, 30% investasi, 20% cicilan, dan 10% kebaikan atau digunakan untuk keinginan. Anggaran ini bisa menjadi patokan batasan pengeluaran bulanan agar tidak kebablasan. 

Sisihkan, Investasikan 

Selain disimpan di tabungan, pilihlah instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai upaya menumbuhkan dana yang ada. Dalam hal ini, reksa dana bisa menjadi pilihan karena sifatnya yang mudah untuk dibeli melalui berbagai platform online, dan juga mudah untuk dicairkan apabila ada kebutuhan darurat atau target dana yang kita inginkan sudah tercapai. 

Perlu diingat bahwa godaan untuk menghamburkan gaji pertama, terutama bagi kalangan Gen Z, memang sangat tinggi. Padahal, bertambahnya usia juga diiringi dengan pertambahan kebutuhan dalam waktu dekat maupun di jangka panjang. Itulah mengapa, penting sekali agar kita bijak mengelola keuangan dimulai dari gaji pertama. Jika kesadaran atas pengelolaan keuangan dan tingginya kebutuhan seiring dengan bertambahnya usia sudah tertanam dalam diri, Sobat BRInvestasi bisa membangun fondasi keuangan yang kuat untuk kehidupan ke depannya. Ingat, sisihkan, bukan sisakan. Semangat Investasinya!